Sabtu, 09 September 2017

My Experience About Social Media

Nama                    : Putu Angga Adinata
NIM                      : 1705552021
Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik
Universitas            : Universitas Udayana
Mata Kuliah          : Aplikasi Sosial Media
Dosen                    : I Putu Agus Eka Pratama,ST.,MT.
Hasil gambar untuk social media png


Source Image :  https://blog.bufferapp.com/social-media-icons

       Hallo sahabat technote, di kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit penglaman saya mengenai aplikasi sosial media. Namun saya akan menjelaskan sedikit mengenai Sosial Media. Sosial media merupakan media atau perantara untuk berkomunikasi ( Sosialisasi ) dimana para pengguna dimudahkan dalam berpartisipasi lalu dalam penerapannya tidak ada batasan ruang dan waktu. Dari beberapa sumber yang pernah saya baca Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia komputer

        Awal mula saya mengenal Sosial Media adalah sewaktu saya duduk dibangku SMP dulu, akun Sosial Media pertama kali yang saya miliki yaitu Facebook. Hal pertama yang saya rasakan saat memiliki akum sosial adalah perasaan ingin menambah teman saya di dunia maya (internet). Karena saya baru mengenal sosial media Facebook rasa keingin tahuan saya sangatlah besar. Banyak fitur yang disediakan oleh Facebook, salah satu fiturnya yaitu adanya fitur game berbasis web yang merupakan fitur sosial media Facebook favorit saya saat itu. Perlahan perkembangan aplikasi Sosial Media pun mulai pesat, mulai banyak bermunculan banyak aplikasi - aplikasi sosial media salah satunya yang cukup populer yaitu BBM atau Black Berry Massenger, Whatsapp, Twitter, Path, Line, dan masih banyak lagi aplikasi sosial media yang tersedia yang ada di internet. Selama beberapa tahun kedepan menggunakan aplikasi Sosial Media, saya sempat merasakan  pengalaman yang bisa di bilang buruk ketika saya menggunakan aplikasi Sosial Media, yaitu salah satunya beredarnya link atau url website yang berisi virus, dimana untuk mencari peminat para oknum pembuat website berisi virus tersebut membuatnya website dengan dalih kuis berhadiah jutaan rupiah dan banyak hadiah menarik untuk memikat calon korban. Karena saya masih terbilang polos maka dengan mudahnya saya percaya dan menjawab soal atau quiz di website tersebut dengan harapan mendapatkan hadiah, karena saat itu juga saya berangan memiliki handphone baru, saya pun menjadi gelap mata. Namun pada akhirnya semua itu hanyalah tipuan untuk memikat korban penyebaran virus oknum - oknum nakal pengguna Sosial Media. Pada akhirnya yang saya dapatkan hanyalah penyesalan, laptop saya terinfeksi virus dan tiba - tiba saja laptop saya performanya menjadi lambat dan sering kali terjadinya stuck saat menjalankan program atau aplikasi di laptop saya. Mulai saat itupun saya berhati - hati dalam menggunakan Sosial Media, dibalik fungsinya yang membuat komunikasi jadi lebih mudah dan cepat ada saja yang menyalahgunakan fungsi dari Sosial Media. Hingga saat ini saya masih cukup aktif menggunakan aplikasi Sosial Media diwaktu senggang saya untuk sekedar chatting dengan teman - teman saya dan juga keluarga saya. Demikianlah sedikit pengalaman saya menggunakan sosial media selama beberapa tahun ini.




DAFTAR PUSTAKA
1. Materi Pertemuan Pertama Tentang Pengalaman Menggunakan Sosial Media Oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu ISO 31000 ?

Nama                    : Putu Angga Adinata NIM                      : 1705552021 Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik ...