Selasa, 19 September 2017

Short Review About Materi In My Class Part 1 ( Aplikasi Sosial Media )

Nama                    : Putu Angga Adinata
NIM                      : 1705552021
Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik
Universitas            : Universitas Udayana
Mata Kuliah          : Aplikasi Sosial Media
Dosen                    : I Putu Agus Eka Pratama,ST.,MT.


Source Image : https://fredcavazza.net


      Halo sahabat teknisi, Beberapa waktu lalu saya mengikuti mata kuliah Aplikasi Sosial Media, dimana pada saat itu Dosen pengajar menjelaskan Arti, Fungsi dan juga jenis - jenis dari aplikasi sosial media, saya akan membagikan sedikit apa yang sudah saya simak dan saya pelajari selama kegiatan kuliah.
   
      Sosial media adalah suatu media atau perantara untuk berkomunikasi ( Sosialisasi ) dimana para pengguna dimudahkan dalam berpartisipasi lalu dalam penerapannya tidak ada batasan ruang dan waktu. Sosial media dari waktu ke waktu perkembangannya kian pesat, begitu banyak muncul aplikasi sosial media beberapa tahun terakhir ini, akan tetapi aplikasi sosial media yaitu Google, Facebok dan Twitter masih menjadi aplikasi sosial media yang banyak diakses oleh masyarakat dunia, semua itu karena fungsi yang ditawarkan oleh aplikasi sosial media itu sendiri. Fungsi dari sosial media ada banyak sekali yaitu diantaranya sebagai media komunikasi 2 ( dua ) arah, dan dapat juga berfungsi sebagai sarana berbisnis ( online ). Lalu aplikasi sosial media terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;

1. Discussion
          Adalah suatu jenis aplikasi sosial media yang dalam penerapannya digunakan untuk berdiskusi dengan banyak orang secara online ( internet ).

2. Networking
           Adalah suatu aplikasi sosial mediai yang ditentukan oleh jenis media yang dibagikan antara penggunanya.

3. Publishing
          Merupakan suatu jenis aplikasi sosial media dimana kita dapat saling berbagi suatu artikel, yang biasanya mekanisme kerjanya melalui mesin pencari atau search engine, sebagai contohnya; wordpress dan juga blogspot yang dimana kita dapat menuangkan artikel yang ingin kita sampaikan dengan maksud menjadi manfaat bagi para pembaca.

4. Sharing
          Merupakan suatu jenis aplikasi sosial media dimana kita dapat berbagi data apapun yang kita mau, seperti foto, video, dan juga audio. Contohnya ; Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya.
 
5. Messaging
          Merupakan suatu aplikasi sosial media yang biasanya digunakan untuk berkomunikasi berbasis short massage atau pesan pendek ( teks ), namun karena sudah mengalami banyak perkembangan, kita juga bisa berkomunikasi melalui suara layaknya sedang menelepon. Contohnya : Line, Whatsapp, BBM, dan lain - lain.

6. Collaborating ( Kolaborasi )
         Merupakan suatu jenis aplikasi sosial media yang mengacu pada proses yang membantu banyak orang atau kelompok berinteraksi dan berbagi informasi untuk mencapai tujuan bersama.

      Dimana dari tahun ke tahun kedudukannya dalam banyaknya penggunaan Aplikasi tersebut selalu berubah - ubah begitu juga jenis nya, yang pada awalnya sosial media yang tergolong dalam jenis aplikasi sosial media Sharing, dapat berubah menjadi Publishing dan sebagainya, tergantung pemakaiannya, seperti diagram ilustrasi diatas.




DAFTAR PUSTAKA
1. Materi Pertemuan Kedua tentang Sosial Media Landscape oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
2. Hardy, 2016 8 Jenis Sosial Media dan Perkembangannya. (http://www.progresstech.co.id/blog/jenis-sosial-media/, diakses pada 29 September 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu ISO 31000 ?

Nama                    : Putu Angga Adinata NIM                      : 1705552021 Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik ...