Senin, 25 September 2017

Short Review About Materi In My Class Part 2 ( Aplikasi Sosial Media )


Nama                    : Putu Angga Adinata
NIM                      : 1705552021
Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik
Universitas            : Universitas Udayana
Mata Kuliah          : Aplikasi Sosial Media
Dosen                    : I Putu Agus Eka Pratama,ST.,MT.
Hasil gambar untuk community icon


Source Image : https://usseek.com/images/community-icon/7

      Halo sahabat technote, kali ini saya akan kembali membagikan ilmu kepada kalian setelah apa yang saya dapatkan saat mengikuti kegiatan kuliah, yaitu itu mata kuliah Aplikasi Sosial Media. Materi yang dibahas adalah Sosial Media dan Komunitas, dimana saya rasa ilmu yang saya dapatkan ini sangatlah berharga bagi saya dan untuk dibagikan.

Pembahasan :

      Sosial Media seolah sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari di zaman moderen ini, karena dari waktu ke waktu pengguna daari medial sosial meningkat hingga akhirnya banyak orang yang tertarik dengan Aplikasi Sosial Media. Kegiatan sosial di dunia nyata tidak luput dari yang namanya komunitas atau kelompok, begitu pula dengan di dunia maya ( internet ), komunitas juga dapat dibangun pada Sosial Media ( internet ) karena kesamaan penggunaan sosial media tertentu, selain itu juga bisa dikarenakan kesamaan strategi pemakaian sosial media atau bagaimanakah biasanya seseorang menggunakan sosial media  untuk satu tujuan atau beberapa tujaun tertentu, hingga akhirnya saling bertemu dengan orang lain dengan kesamaan strategi dalam pemakaian sosial media. Sekain itu komunitas juga bisa tercipta bertemunya beberapa orang yang memiliki kesamaan hobi, tujuan, minat, visi, dan misi. Sebagai contohnya :
1. Komunitas Marketing Internet di sosial media Line.
2. Komunitas KASKUS Region Bali.
3. Komunitas Grup Ayo Belajar Linux di sosial media Facebook.
4. Komunitas Pencinta Alam di sosial media Instagram, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu demi satu.

        Komunitas tidak hanya sekedar dari kumpulan beberapa orang saja, namun bisa saja menjadi suatu peluang bisnis jika suatu minat atau hobi diangkat ke permukaan oleh komunitas, yang awalnya hanya sekedar hobi hingga akhirnya bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Sebagai contoh penggambarannya, seseorang memiliki hobi dalam bidang seni musik, lalu bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi yang sama dan saling mengisi, maka terciptalah suatu komunitas (band), perlahan - lahan komunitas itu diperkenalkan ke masyarakat dan akhirnya diakui karyanya oleh masyarakat, setelah itu mulai muncul banyak kegiatan konser yang mungkin berawal dari daerah asal (lokal) hingga akhirnya me luar daerah asal bahkan internasional. Itulah penggambarannya, dari yang hanya hobi perlahan - lahan menjadi peluang bisnis. Dalam membangun suatu komunitas di sosial media ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu ;
1. Manfaatkan tagar atau hashtag  (#) yang biasanya jika dicari akan menampilkan konten yang kita bagikan, sebagai contoh, Andi memiliki hobi bermain basket lalu membagikanfotonya disaat melakukan kegiatan basket, lalu pada postingan yang orang itu buat dia mencantumkan #HobiBasket ( hashtag ), maka jika orang lain melakukan searching atau pencarian hashtag dengan kata kunci tersebut, maka orang itu akan tau bahwa Andi hobi bermain basket, lalu bayangkanlah jika orang yang melakukan searching atau pencarian adalah orang yang memiliki hobi yang sama dengan hobi  Andi, maka kemungkinan terbangunnya suatu kelompok atau komunitas pun timbul.
2. Aktif langsung di dalam suatu komunitas, hargai mereka yang terlibat di dalamnya ( aktif dan pasif ).
3. Undang kontibutor / donatur / sponsor ( biasanya berupa band / merek ).
4. Libatkan komunitas dalam kegiatan langsung di lingkungan masyarakat atau publikasikan.
5. Memberi Inspirasi / semangat.

Demikianlah saya sampaikan beberapa materi yang saya dapatkan saat mengikuti kegiatan kuliah saya, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kalian semua, sahabat technote.

Baca Juga (Klik) : Short Review About Materi In My Class Part 1 ( Aplikasi Sosial Media )




DAFTAR PUSTAKA
1. Materi Pertemuan Ketiga tentang Sosial Medi Dan Komunitas Oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu ISO 31000 ?

Nama                    : Putu Angga Adinata NIM                      : 1705552021 Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik ...