Senin, 18 September 2017

Fitur Dalam Aplikasi Sosial Media Line

Nama                    : Putu Angga Adinata
NIM                      : 1705552021
Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik 
Universitas           : Universitas Udayana
Mata Kuliah         : Aplikasi Sosial Media
Dosen                   : I Putu Agus Eka Pratama,ST.,MT.


Hasil gambar untuk logo line png

Source Image : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:LINE_logo.svg

     Saat ini perkembangan aplikasi sosial media kian pesat, beberapa tahun terakhir banyak sekali muncul aplikasi sosial media baru seperti Peach,Wanelo, Yik Yak, Bebo, dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan. Pada kesempatan ini saya akan melakukan review pada aplikasi sosial media yang tergolong sudah lama dikenal oleh masyarakat dunia yaitu Line. Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang yang bernama NHN Corporation ini pertama kali dirilis pada tahun 2011, dimana pada saat itu aplikasi Line hanya bisa dijalankan di sistem operasi Android dan IOS. 

      Dalam pemakaiannya, para pengguna aplikasi sosial media Line dimanjakan dengan beberapa fitur yaitu fitur Video Call, Chatting, Line Group yang memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan banyak teman sekaligus bahkan baru - baru ini Line merilis fitur Group Video Call, Lalu tak ketinggalan dengan fitur Stickernya yang membebaskan penggunanya berkespresei menggunakan Sticker baik itu Sticker berbayar maupun Sticker Gratis. Begitu banyak fitur yang membuat penggunanya tidak hanya sekedar berkomunikasi namun bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para penggunanya, bahkan aplikasi sosial media Line juga menyediakan fitur Line @ Account yang bisa dijadikan sebagai sarana berbisnis, ditambah lagi Line tampilannya bisa diubah sesuai tema yang sudah di sediakan oleh aplikasi sosial media Line, dimana ada tema line yang versi gratis dan ada juga tema versi berbayar. Berikut adalah sekilas penjelasan mengenai beberapa fitur yang ada dalam aplikasi sosial media Line :
1. Messaging

Source Image : Koleksi pribadi
Mengingat Line adalah aplikasi sosial media, maka fitur messaging atau pesan pastinya ada dalam aplikasi ini yang memungkinkan para penggunanya saling berkomunikasi satu sama lain. Selain itu seperti yang saya jelaskan sebelumnya, uniknya pada aplikasi Line ini memiliki keunggulan adanya fitur sticker pada saat kita melakukan messaging atau chatting, sehingga dapat dipastikan para penggunanya pun lebih bisa berekspresi dalam berkomunikasi. Lalu pengguna juga dapat saling berbagi gambar, video, berkas, kontak, dan juga lokasi sehingga membuat komunikasi menjadi lebih menarik dan tidak hanya sekedar saling mengirimkan pesan saja.

2. Timeline

Source Image : Koleksi pribadi
Fitur timeline adalah fitur yang memungkinkan pengguna agar mengetahui update terkini dari para pengguna Line yang sudah menjadi kontak atau terdaftar sebagai kontak yang sudah ditambahkan oleh penggunanya dalam aplikasi Line.

3. Line Theme
Source Iamge : Koleksi pribadi
Line Theme adalah fitur line yang dapat digunakan untuk mengganti tema atau tampilan dari aplikasi Line, pengguna dapat memiliki dan memakai Line Theme dengan gratis, namun ada juga Line Theme berbayar yang tentunya memiliki tampilan yang lebih menarik dibandingkan Line Theme versi gratis. Line Theme dapat dibeli menggunakan Line Point

4. Line Today

Source Iamge : Koleksi pribadi
Line Today adalah fitur line yang memungkinkan para penggunanya agar bisa mengakses berita - berita terkini yang disediakan oleh Line sendiri, dan berita - berita tersebut bersumber dari sumber yang terpercaya yang membahas banyak sekali berita, seperti : politk, sosial, ekonomi, teknologi, budaya dan lain-lain.

5. Voice Chat dan Video Call
Voice Chat dan Video Call sendiri adalah fitur aplikasi Line yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa saling berkomunikasi dalam bentuk suara saja dan dalam bentuk video yang dilakukan secara real - time atau langsung, sehingga berkomunikasi pun menjadi lebih nyata walaupun hanya melalui perangkat smartphone saja.

6. Group
Fitur Group pada Line adalah fitur yang dibuat agar para penggunanya bisa berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus, dengan adanya persetujuan terlebih dahulu untuk bergabung dalam Group tersebut. Fitur ini juga dilengkapi dengan Group Voice Chat dan Group Video Call, yang memungkinkan para pengguna melakukan aktifitas Voice Chat atau Video Call dengan banyak orang sekaligus dalam satu Group tersebut.

7. Line Square
Line Square adalah fitur baru dari Line yang menjadi tempat bagi grup atau anggota nya untuk saling berkomunikasi dengan hobi atau memiliki kesamaan dalam pendapat, dan juga sebagai ruang untuk saling berpendapat.

8. Lainnya
Source Iamge : Koleksi pribadi

Pada tab atau fitur ini, pengguna dapat melakukan pengaturan pada aplikasi Line dan juga tersedia juga beberapa fitur yang ada didalamnya, salah satunya adalah Line point, Line point dapat dikatakan sebagai uang yang dapat kita gunakan untuk membeli sticker atau tema yang memiliki harga yang bervariasi, lalu untuk mendapatkan Line poin kita harus mengikuti misi yang diberikan oleh Line terlebih dahulu. Apabila misi atau tugas yang diberikan sudah diselesaikan Line akan mengirimkan poin sebagai bayaran karena pengguna telah menyelesaikan misi atau tugasnya. Masih banyak lagi fitur yang terdapat pada tab ini seperti : fitur tambah teman untuk menambahkan teman atau rekan anda sebagai kontak dalam aplikasi Line, Line Keep yang berguna sebagai cloud storage atau media penyimpanan bagi penggunanya, batasan storage pada Line Keep adalah 1 Gigabyte. Menarikanya fitur ini bisa digunakan tanpa dipungut biaya sedikitpun. Lalu ada fitur toko Tema dan toko Stiker sebagai tempat para penggunanya untuk membeli tema dan stiker pada aplikasi Line. Fitur lainnya yaitu Line Shopping (Online Shop Milik Line), People Nearby untuk menemukan orang-orang disekitar anda yang menggunakan aplikasi Line, Line Pay yang merupakan metode transaksi lain selain Line Poin, Line Jobs yang merupakan menjadi wadah bagi para penggunanya untuk menemukan lowongan pekerjaan sesuai yang diinginkan, Line Webtoon yang merupakan fitur Line yang menjadi sarana hiburan bagi penggunanya, Line Webtoon berisi berbagai genre komik sehingga penggunanya tidak akan merasa bosan ketika waktu senggang, namun pengguna diharuskan untuk mengunduh aplikasi Line Webtoon terlebih dahulu agar fitur ini dapat diakses, dan fitur yang terakhir adalah Line @ (at account) yang dapat menjadi sarana berbisnis bagi para pengguna aplikasi Line.

     Walaupun begitu banyak keunggulan aplikasi Line, kekurangannya pun tak luput dari aplikasi Line, salah satu kekurangannya yang sering saya rasakan iyalah koneksi data yang kurang stabil dimana terkadang walaupun koneksi internet kita sebeneranya cukup cepat akan tetapi terkadang line tidak stabil dalam melakukan pengiriman dan penerimaan data. Saya rasa ini disebabkan karena banyaknya pengguna aplikasi Line. Demikianlah sedikit review saya mengenai salah satu aplikasi sosial media yaitu Line.





DAFTAR PUSTAKA :
1. Materi 8 Pertemuan 8 Tentang Sosial Media dan Fitur-Fitur Di Dalamnya Oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu ISO 31000 ?

Nama                    : Putu Angga Adinata NIM                      : 1705552021 Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik ...