Selasa, 03 Oktober 2017

Short Review About Materi In My Class Part 3 ( Aplikasi Sosial Media )

Nama                    : Putu Angga Adinata
NIM                      : 1705552021
Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik
Universitas            : Universitas Udayana
Mata Kuliah          : Aplikasi Sosial Media
Dosen                    : I Putu Agus Eka Pratama,ST.,MT.


   Hasil gambar untuk cyberspace png
Source Image : http://cvsapto.blogspot.co.id/2012/10/dampak-positif-negatif-cyberspace.html

    Halo sahabat technote, kali ini saya akan kembali membagikan ilmu kepada kalian setelah apa yang saya dapatkan saat mengikuti kegiatan kuliah, yaitu itu mata kuliah Aplikasi Sosial Media. Materi yang dibahas adalah Cyberspace dan Sosial Media, dimana saya rasa ilmu yang saya dapatkan kali ini sangatlah berharga bagi saya dan untuk dibagikan di blog yang saya buat ini.

Pembahasan :

Sebelumnya, ada beberapa gambaran mengenai apa itu cyberspace : 
1. Cyberspace merupakan media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah, maupun timbal - balik secara online (terhubung langsung).
2. Cyberspace adalah integrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, pengontrol) yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain - lain) yang tersebar diseluruh penjuru dunia secara interaktif.
3. Cyberspace merupakan suatu Imaginary Location (tempat aktivitas elektronik dilakukan) dan juga menjadi sebuah massy virtual yang terbentuk melalui komunikasi yang terjalin dalam sebuah jaringan komputer (interconnected computer networks).
4. Cyberspace adalah interaksi, komunikasi, pertukaran data/file/dokumen, transaksi ekonomi, kebijakan, dan lain - lain seperti halnya di dunia nyata.

     Dari beberapa gambaran diatas dapat disimpulkan bahwa Cyberspace merupakan media elektronik yang sering digunakan untuk keperluan komunikasi secara dua arah dan dalam waktu yang bersamaan, dimana tiap - tiap perangkat yang terlibat saling terhubung dalam suatu jaringan komputer dan saling terintegrasi, lalu semua kegiatan tersebut berlangsung pada suatu ruang virtual (maya) namun tidak jauh berbeda dengan penerapannya di dunia nyata. Cyberspace bisa diasumsikan sebagai suatu ruangan untuk saling berkomunikasi dengan banyak orang, namun dilakukan dalam satu ruangan yang maya atau virtual, dimana banyak orang yang bisa bergabung dalam ruangan ini tanpa halangan seberapa jauh jarak yang memisahkan antara tiap - tiap orang yang terlibat, atau mudahnya kita sebut saja cyberspace ini sebagai suatu forum diskusi dalam suatu media sosial. Selain itu, ada dua klarifikasi dari Cyberspace, yaitu : 
1. Cognitive Information Cyberspace (CIC)
Didalamnya terdapat Information Cyberspace (IC) yang berguna untuk menyampaikan dan menyediakan segala bentuk informasi di dunia maya. Contohnya aplikasi wordpress, blogger, youtube, wikipedia, dan lain - lain.
2. Cognitive Communication Cyberspace (CCC)
Didalamnya terdapat Communication Cyberspace (CC) yang digunakan sebagai media komunikasi di dalam dunia maya. Contohnya aplikasi Telegram, Line, Kakao Talk, Whatsapp, dan lain - lain.
  Lalu apakah hubungan dari Cyberspace dan Sosial Media ?, kita ibaratkan saja dengan menghubungkan x dengan y dengan z, dan y dengan z. Dimana x = manusia, y = komputer atau perangkat yang terhubung, dan z = data dan informasi. Atau dapat digambarkan seperti ini, anggaplah seseorang akan membuat suatu forum di salah satu aplikasi sosial media yaitu facebook, forum yang akan dibuat adalah forum para petani yang ditujukan untuk para petani lokal, bagaimana kebutuhan pangan di pasaran yang belum terpenuhi, agar para petani tidak kekurangan daya saing atau agar tidak terjadinya kelebihan hasil  panen pada 1 jenis tanaman pangan saja, sehingga para petani selalu tau kebutuhan pasar dan menjadi makmur.
   Demikianlah saya sampaikan beberapa materi yang saya dapatkan saat mengikuti kegiatan kuliah saya, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kalian semua, sahabat technote.




DAFTAR PUSTAKA
1. Materi Pertemuan Keempat tentang Cyberspace Oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
2. Dicito, 2016. Cyberspace – “Dunia” Dalam Sebuah Komputer. (https://www.dictio.id/t/cyberspace-dunia-dalam-sebuah-komputer/2703, diakses pada tanggal 14 Oktober 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu ISO 31000 ?

Nama                    : Putu Angga Adinata NIM                      : 1705552021 Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik ...