Minggu, 15 Oktober 2017

Short Review About Materi In My Class Part 5 ( Aplikasi Sosial Media )

Nama                    : Putu Angga Adinata
NIM                      : 1705552021
Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik
Universitas            : Universitas Udayana
Mata Kuliah          : Aplikasi Sosial Media
Dosen                    : I Putu Agus Eka Pratama,ST.,MT.


Hasil gambar untuk Sosial media
Sumber : http://tekno.liputan6.com/read/3083025/5-fakta-media-sosial-yang-mengubah-dunia

     Halo sahabat technote, kali ini saya akan kembali membagikan ilmu kepada kalian setelah apa yang saya dapatkan saat mengikuti kegiatan kuliah, yaitu itu mata kuliah Aplikasi Sosial Media. Materi yang dibahas kali ini adalah Sosial Media dan Teknologi - Tekologi Pendukungnya. Dimana saya rasa ilmu yang saya dapatkan kali ini sangatlah berharga bagi saya dan untuk dibagikan di blog yang saya buat ini.


Pembahasan : 

Sosial Media tidak bisa berjalan tanpa adanya komponen-komponen atau teknologi pendukung untuk menjalankannya, komponen-komponen atau teknologi tersebut mencakup : 
1. Hardware   (PC, Smartphone.)
     Mengapa Hardware dikatakan sebagai teknologi pendukung dari sosial media, itu karena untuk menjalankan aplikasi sosial media atau agar sosial media itu ada dan dijalankan oleh perangkat  hardware atau perangkat keras sebagai penyedia layanan sosial media itu sendiri (server). Jadi peran hardware sangatlah diperlukan.

2. Software (Bahasa Pemrograman, Library atau Pustaka, Integrated Development Enviroment, Algoritma, Database atau Database Management Software.)
     Selain peran penting hardware sebagai teknologi pendukung dari aplikasi sosial media, maka tidak luput dari software atau perangkat lunak yang terdapat pada hardware itu sendiri, hardware tidak dapat dijalankan sebagai teknologi pendukung aplikasi sosial media atau di kontrol tanpa adanya beberapa dukungan dari perangkat lunak, jika aplikasi sosial media merupakan kumpulan dari beberapa entitas data dan atributnya yang terdapat dalam database atau basis data suatu aplikasi sosial media, maka diperlukannya peran software atau perangkat lunak DBMS ( Database Management System ) untuk mengelola data yang tersedia dan data yang diminta oleh para pengguna aplikasi sosial media.

3. Sistem Komputer.
     Sistem komputer dapat diartikan sebagai suatu jaringan elektronik yang terdiri dari hardware atau perangkat keras dan software atau perangkat lunak, yang melakukan suatu tugas tertentu. Sistem komputer sendiri dapat dikatakan sebagai teknologi pendukung dari aplikasi sosial media, dikarenakan sistem komputer, dapat juga diartikan sebagai suatu hardware atau perangkat keras yang sudah diinstall software atau perangkat lunak, dimana sistem komputer disini bekerja sebagai pengolah data, menyimpan perintah - perintah, menerima dan memproses dari suatu input, dan menyediakan output dalam bentuk informasi, jadi bisa dikatakan sistem komputer dipakai sebagai teknologi pendukung untuk mengakses dan menyediakan layanan dari aplikasi sosial media yang merupakan versi lengkap dari hardware, dimana hardware dan software merupakan satu kesatuan.

4. Jaringan Komputer (Internet, Cloud Computing, Internet of Things, Software Define Network, Komputasi Paralel.)
    Jaringan komputer atau sering dikenal dengan istilah internet di kalangan masyarakat, jaringan komputer dikatakan sebagai teknologi pendukung dari aplikasi sosial media karena, aplikasi sosial media memungkinkan kita untuk saling terhubung dengan para pengguna aplikasi sosial media yang lainnya, maka diperlukan suatu jaringan komputer yang menjadi media penghubung dari semua pengguna aplikasi sosial media.

5. Sistem Operasi (Windows, Mac OS, Linux, Android, IOS.)
      Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengontrol hardware atau perangkat keras. Dengan adanya sistem operasi, maka kita dapat dengan mudah menggunakan perangkat keras untuk melakukan suatu proses atau kegiatan, baik itu komputer, handphone, dan perangkat lainnya.
6. Keamanan Sistem (Firewall, Cloud Computing, Intrusion Detection System, Software Define Network, Enkripsi atau Secure Socket Layer.)
     Dalam pemakaian aplikasi sosial media, data-data pribadi sangat diperlukan saat melakukan registrasi atau pendaftaran pada suatu aplikasi sosial media, karena itu keamanan sistem sangatlah diperlukan, agar data tidak dapat diakses oleh orang yang memiliki niat buruk terhadap targetnya yaitu pengguna aplikasi sosial media itu sendiri atau dapat diartikan juga melindungi para pengguna aplikasi sosial media dari para hacker dan cracker, maka dari itu peran keamanan sistem sangat diperlukan sebagai teknologi pendukung dari aplikasi sosial media.
Demikianlah materi yang saya dapatkan beberapa saat yang lalu, saat harap ilmu yang saya bagikan ini sangat berguna bagi kalian sahabat technote.


Daftar Pustaka :
1. Materi Pertemuan Keenam Tentang Sosial Media dan Teknologi – Teknologi Pendukung Oleh Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT
2. Wikipedia Bahasa Indonesia. 2017, Sistem Managemen Basis Data. (https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_basis_data,  diakses pada 15 Oktober 2017 )
3.  Wikipedia Bahasa Indonesia. 2017, Sistem Komputer. (https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_basis_data,  diakses pada 15 Oktober 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu ISO 31000 ?

Nama                    : Putu Angga Adinata NIM                      : 1705552021 Jurusan / Fakultas : Teknologi Informasi / Teknik ...